Senin, 23 Juli 2012

Ready..Set..Go!

Sebelumnya admin minta maaf karna kesibukan yang ada akhirnya malah ngga nge post apa2 sampai akhirnya admin bersama rombongan berangkat dan menjalani 2 minggu yang luar biasa di jepang!
Tapi sebelum cerita detailnya disana aku mau bagi2 dulu tips ketika mau bepergian ke negara lain. Dan ini sudah terbukti lho!

1. Tiket pesawat promo
Tiket pesawat adalah salah satu faktor utama yang sangan menentukan waktu keberangkatan dan juga budget. Kalo udah punya rencana jangan menunda-nunda untuk nongkrong di depan komputer mencari flight murah atau menghubungin travel agent yang sudah kita percaya. Ketika pesawat sudah fix, maju ke langkah-langkah berikutnya akan lebih mudah.
2. Attraction
Atrraction yand dimaksud adalah tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Buatlah diawal daftar kasar tempat yang ingin dikunjungi. Tempat-tempat itulah yang bisa menjadi patokan berapa lama kita akan stay di suatu daerah. Supaya lebih enak dilihat buatlah dalam bentuk timeline. Sehingga perencanaan dapat terlihat jelas.
3. Akomodasi
Akomodasi itu mencakup hotel, transpor, dan juga makan. Untuk hotel pintar-pintarlah untuk mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau. Website-website seperti tripadvisor.com sangat membantu untuk mendapatkan rekomendasi-rekomendasi hotel. Atau bisa juga lihat di buku-buku perjalanan (lonely planet, dsb).
Transportasi juga harus menjadi faktor yang dipikirkan secara matang karena biasanya transportasi di dalam negaralah yang bisa membuat kita bangkrut. Carilah paket-paket promo kereta atau transportasi dalam kota untuk turis! Seperti di jepang mereka menyiapkan tiket kereta khusus untuk keliling jepang selama seminggu dengan harga sangan terjangkau.
Yang terakhir adalah makanan. Menentukan budget untuk makan diawal penting supaya hingga akhir perjalanan masih ada uang yg bisa dipergunakan untuk makan. Membawa makanan ringan juga sangat membantu untuk hari-hari awal dan dalam keadaan terdesak.
4. Moneey
Sebelum keberangkatan pantau terus kurs mata uang negara yang dituju. Hingga uang rupiah yang akan kita tukarkan bisa maksimal! Dan juga sebaiknya untuk menyiapkan uang dollar sebagai cadangan saat-saat darurat.
5. Visa
Mengurus visa itu sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita benar-benar mengikuti prosedur yang ada. Jangan malu untuk menelfon ke kedutaan untuk bertanya.
6. Komunikasi
Ketika pergi bersama orang lain, pastikan segala keputusan yang dibuat diketahui oleh semua pihak. Sehingga pada akhirnya misscom itu tidak terjadi. Selain komunikasi sebelum berangkat pastikan juga setelah sampai ditujuan ada alat komunikasi yang aktif. Setiap provider hp biasanya memiliki paket untuk perjalanan ke luar negeri.


Dalam merencanakan perjalanan tidak jarang muncul masalah-masalah. Bersikaplah terbuka kepada suatu kemungkinan, jangan terlalu terpaku pada satu hal karena mungkin solusinya ada di situ. Jangan lupa banyak-banyak mencari informasi negara yang dituju. Itu bisa menjadi bekal paling berharga selama perjalanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar